15 Pekerjaan yang Paling Cepat Musnah dalam 5 Tahun ke Depan

Ilustrasi aktifitas pekerja kantor (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Kecerdasan buatan (AI) dan mesin yang makin canggih disebut bisa membuat tenaga manusia menganggur. Ternyata, ancaman manusia digantikan robot dan komputer sudah sangat nyata sehingga banyak profesi dan lapangan kerja musnah.

Laporan berjudul Future of Work 2023 yang dirilis oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) menggambarkan perubahan yang drastis di dunia kerja akibat digitalisasi dan pemanfaatan kecerdasan buatan.

Salah satu fokus utama laporan tersebut adalah mengukur berapa banyak bidang pekerjaan yang hilang dan muncul di berbagai jenis industri.

Riset dari tim WEF menyatakan 23 persen dari tenaga kerja di segala bidang industri di seluruh dunia bakal berubah total dalam 5 tahun ke depan, baik dalam bentuk bidang pekerjaan yang musnah maupun profesi baru yang muncul.

Data pergeseran bidang pekerjaan yang disebut sebagai “churn pasar tenaga kerja” ini, menurut tim peneliti, menunjukkan bahwa dampak digitalisasi terhadap profesi manusia tidak bisa dilihat hanya dari tingkat penyerapan tenaga kerja. Riset membuktikan bahwa untuk tiap profesi yang musnah, banyak profesi baru yang bermunculan.

Industri yang kebutuhan tenaga kerjanya diproyeksikan berubah paling drastis dalam 5 tahun ke depan adalah industri media, hiburan, dan olah raga. Sekitar 32 persen dari bidang pekerjaan di industri tersebut diperkirakan bakal lenyap atau profesi baru.

Pergeseran drastis (di atas rata-rata 23 persen) juga diramal terjadi di bidang pemerintahan, komunikasi digital dan teknologi informasi, real estat, layanan keuangan, serta transportasi dan rantai pasok.

15 Pekerjaan yang Hilang dengan Cepat

Berikut adalah 10 bidang pekerjaan yang menurut WEF paling cepat musnah dalam 5 tahun ke depan:

  1. Teller bank
  2. Petugas pos
  3. Kasir dan loket
  4. Data entry
  5. Sekretaris dan administrasi
  6. Staf pencatat stok (stock-keeping)
  7. Staf akuntansi, pembukuan, dan payroll
  8. Legislator dan pejabat pemerintahan
  9. Staf statistik, asuransi, dan keuangan
  10. Sales door-to-door, pedagang kaki lima, dan penjual koran
  11. Satpam
  12. Manajer kredit dan pinjaman
  13. Penyelidik dan pemeriksa klaim
  14. Penguji software
  15. Relationship manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*